Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

June 15, 2009

Bukan Kidal, Mouse di Tangan Kiri?

Berapa jamkah anda bekerja di depan komputer setiap harinya? Ada sekitar 5 jam? Atau malah lebih dari 5 jam? Atau bahkan mungkin lebih dari 8 jam sehari?
Bagaimana anda rasakan tangan anda selama atau setelah selesai bekerja (saya tidak bertanya kondisi punggung, leher ataupun pinggang) ? Terutama tangan kanan?
Saya yakin ada di antara anda yang merasakan tangan kanannya pegal setelah bekerja! Lebih pegal daripada tangan kirinya. Beberapa orang, bahkan, merasa sakit di satu titik di pangkal telapak tangan, dekat pergelangan tangan kanannya.

Saya juga pernah mengalami bekerja lebih dari 10 jam di depan komputer setiap hari. Dengan beban kerja sepanjang waktu itu, kedua bahu dan kedua pergelangan tangan terasa pegal, apalagi pada tangan kanan di mana penggunaan mouse sangat intensif, yang setiap saat menggeser-geser mouse dengan menggerakkan jari-jari akan tetapi pergelangan tangan tetap diam di tempat.
Bahkan di dekat pergelangan tangan kanan, saya merasakan rasa sakit yang amat sangat. Ada bagian yang menjadi keras di situ, yang dibilang orang “kapalan” (bukan kepalan dan juga bukan berarti berkapal…;) )

Sejak dipopulerkannya sistem GUI pada komputer oleh Oom Steve Jobs dengan Macintosh-nya di pertengahan dekade 80-an, orang menjadi senang dan merasa lebih nyaman menggunakan mouse dibandingkan keyboard. Tinggal geser sedikit, klik, orang sudah bisa memerintahkan komputer melakukan sesuatu. Tidak seperti sebelumnya, di mana orang selalu harus mengetik dan menekan tombol panah. Akan tetapi adanya mouse ini membuat orang cenderung menjadi malas.

Saya perhatikan, memang banyak orang yang kurang efisien menggunakan kedua tangannya pada saat bekerja di depan komputer. Tangan kanannya asyik mengklak-klik mouse, sementara tangan kirinya lebih banyak menganggurnya. Bahkan ada yang dipakai untuk bertopang dagu. Yang lebih parahnya, tangan kirinya dipakai untuk melakukan bersih-bersih…(tahu kan maksud saya, he..he..he..)
Bagaimana dengan anda?

Karena merasakan pegal dan sakit, yang berakibat menurunkan kecepatan kerja, saya mencoba untuk memindahkan posisi mouse ke tangan kiri. Apa bisa meskipun saya bukan kidal? Pasti susahlah. Menulis pakai tangan kiri bagi orang non kidal hampir tidak mungkin. Tapi apakah itu berlaku juga untuk penggunaan mouse?

Pertanyaan itu harus dijawab dengan memaksakan diri kita. Dipaksa sekian lama sekian bulan, dengan resiko pekerjaan kita lebih lambat karena masih kaku dan sering sarah sasaran klik. Beberapa lama sesudahnya, akhirnya saya mulai terbiasa menggunakan mouse dengan tangan kiri. Kecepatan dan akurasi penggunaan mouse dengan tangan kiri saya sudah tidak kalah dibandingkan tangan kanan. Saking lebih banyak menggunakan tangan kiri, saya agak kaku dan kurang nyaman menggunakan tangan kanan. Sekarang saya buat kondisi, di tempat kerja saya menggunakan tangan kiri, sementara di rumah saya menggunakan tangan kanan.

Awalnya, saya mengubah setting di Control Panel-nya Windows, untuk membalik status klik. Klik kiri yang biasanya dilakukan jari telunjuk kanan, dipindah menjadi jari telunjuk kiri. Dan klik kanan yang biasanya oleh jari tengah kanan, pindah ke jari tengah kiri. Settingan pemakai kidal memang!
Tapi karena kadang-kadang ada beberapa teman yang kebetulan pinjam komputer saya, menjadi bingung dengan setting-an baru tersebut. Mereka pindahkan mouse-nya ke sebelah kanan, dan mengklik seperti biasa. Bisa ditebak, jadinya kacau. Dan mereka komplain, meminta saya supaya tidak aneh-aneh. Ha..ha..ha..Memangnya aneh ya?

Akhirnya saya mengubah kebiasaan klik saja. Jadi klik kiri tetap “klik kiri” dan “klik kanan” tetap klik kanan, gantinya jari tengah tangan kiri saya yang melakukan tugas “klik kiri” dan jari telunjuk yang bertugas “klik kanan”. Sama juga dengan sewaktu perubahan dari tangan kanan ke tangan kiri, awalnya kaku dan pekerjaan pun menjadi lebih lambat.Perlahan-lahan terbiasa dan menjadi layaknya normal seperti ketika saya menggunakan tangan kanan.
Jadi kalau ada teman yang meminjam lagi komputer saya, tinggal memindahkan posisi mouse dan padnya ke sebelah kanan, tidak perlu lagi mengubah setting-an mouse di control panel.



Tangan kidal? Sama sekali bukan!
















Katanya, dengan mengaktifkan tangan kiri kita, otak kanan pun turut bekerja untuk mengontrol pergerakan tangan, sehingga lebih seimbang. Penggunaan tangan kiri yang cukup intensif juga katanya akan merangsang lebih kreativitas berpikir, intuisi, rasa seni dan kecerdasan spiritual, bahkan kecerdasan seksual (Nah, hebat kan! Terutama yang paling akhir, he..he..he..)
Terlepas dari kebenaran pendapat itu, buat saya sendiri kelebihan dari penggunaan mouse dengan tangan kiri itu, saya merasa menjadi lebih nyaman, dan karena beban tangan saya tidak melulu di tangan kanan, rasa sakit di dekat pergelangan tangan pun hilang. Dan saya merasa lebih produktif, karena kedua tangan menjadi aktif bekerja. Bagi kita yang sering memakai program spreadsheet yang kita lebih banyak bekerja dengan numerik. Mouse di tangan kiri, numpad di tangan kanan! Ideal bukan?

Anda mau coba seperti saya?

(CP, Jun 2009)



3 comments :

  1. Settingan komputer yang baru!!! patut di coba tuh. kebetulan saya kidal.

    ReplyDelete
  2. Hahaha....

    Saya sering pakai tangan kiri juga kalu pas tangan kanan punya kerjaan lain.

    Bener deh, kalau kita pakai sisi kiri badan kita, maka sisi kanan otak yang akan bekerja.

    Salam

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada juga left clicker selain saya, ijin copas buat blog ane & kalo berminat join brur ke

    http://dualclickertype25.blogspot.co.id

    Barangkali bisa bantuin kasih ide artikel - artikel buat saya, trims...

    ReplyDelete