Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

June 3, 2009

Kuku Bima (Jempol Bag. 2)

Nonton pertandingan tinju antara Chris John dengan petinju Jepang Hiroyuki Enoki pada bulan Oktober tahun lalu? Siapa pemenangnya?

Ya Chris John lah, masak Mulan Jameela.

Kenapa dia yang menang?
Karena ...karena Chris John rajin minum Kuku Bima EnerG!

Sorry, saya cuma bercanda.
Minum Kuku Bima EnerG mungkin memang bikin kuat (saya sendiri belum pernah minum), seperti yang diiklankan . Cuma saya punya pertanyaan:

Kenapa kuku bima dijadikan simbol kekuatan pria? Sampai ada plesetan kukubima = kurang kuat bini marah. (kalau minum kukubima, emang bini nggak marah lagi ya?)

Apakah karena kuku bima hitam, kuat dan panjang serta tajam? Atau karena kuku itu tumbuhnya di jempol (jempol lagi!)? Atau kah karena memang figur ksatria Bima yang gagah perkasa dan kuat tak terkalahkan?

Jawabannya di atas mungkin semuanya benar. Bima memang seorang tokoh wayang yang terkenal gagah perkasa, bertubuh tinggi besar dan kuat. Dia adalah ayah dari Gatotkaca yang supersakti, yang pasti lebih kita kenal. Dan anggota nomor dua dari kelima bersaudara Pandawa ini memang memiliki senjata andalan kuku, yang disebut Kuku Pancanaka, selain andalan lain yang berupa gada.

Alkisah, kuku yang menjadi senjatanya itu asalnya dari gading gajah. Bima dilahirkan dalam kondisi terbungkus suatu selaput yg sangat amat kuat. Tidak ada orang dan alat yg bisa membuka lapisan itu. Jadinya, dari bayi hingga kanak2 dia hanya bisa berguling-guling. Sampai akhirnya ada seekor gajah dari kahyangan berhasil merobek dan membuka bungkus lapisan itu dengan gadingnya. Dan gadingnya itu pula, menjadi
bagian tubuh Bima, menjadi kuku dari kedua jempol tangan Bima. Kuku yang amat kuat dan tajam, yang di kemudian hari menjadi senjata andalan Bima.


Bima dan Kukunya (sumber gambar: 3.bp.blogspot.com)










Jadi apa hubungan kukunya si Bima dengan kekuatan pria?

Kukunya kuat, memang benar. Tapi menurut saya, sebenarnya...karena kukunya tumbuh di jempol!

Pada posting terdahulu saya bercerita bagaimana istimewanya jari jempol kita. Nah, jempolnya Bima ini juga istimewa. Selain di kedua jempolnya ini tumbuh Kuku
Pancanaka yang menjadi senjata ampuh dalam melawan musuh2nya, si Bima ini juga selalu menaruh kedua jempol tangannya diapit di antara jari tengah dan telunjuk. (Aduh, saya tidak bermaksud porno. Tapi ini memang kenyataan, eh ceritanya memang begitu! Sama dengan genggaman tangan di pangkal meriam si Jagur di halaman Museum Fatahillah Jakarta)
Nah karena itulah, kukunya dijadikan simbol kekuatan. Kekuatan pria. Terus juga dijadikan merk sebuah jamu/minuman yang diklaim oleh produsennya bisa membuat kekuatan pria meningkat. Jadilah jamu/minuman itu bernama Kuku Bima (EnerG).

Bagaimana kalau kuku yang jadi senjatanya Bima itu tumbuhnya bukan di jempol? Tarohlah tumbuhnya di kelingking! He..he..he..saya yakin kukunya itu tidak akan menjadi simbol kekuatan dan pasti tidak akan ada istilah Kuku Bima yang dijadikan merk minuman energi.

Lagian, kalau di kelingking, si Bima jadi lucu. Tangannya nggak bisa mengepal lagi! Nanti disangka mau "pacantel" dong (alias berdamai)!

Minum kuku bima? Anda bisa jadi sekuat gunung berapi!!! (Sorry, bukan iklan. Cuma bercanda!)

CP, Nov 2008

No comments :

Post a Comment