Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

June 4, 2009

Achilles, Bagian Tubuh atau Tokoh Perang Troya?

Pernah nonton film Holywood yang berjudul"Troy"? Baik nonton di bioskop, nonton lewat DVD/VCD, ataupun di layar stasiun TV swasta yang pernah beberapa kali memutarnya.

Siapakah pemeran dari tokoh Achilles di film itu?
Pasti anda tahu dan kenal! ...Brad Pitt! Yaa, siapa tidak kenal dengan Brad Pitt ini! Apalagi Ibu-ibu dan para wanita, pasti mengenal bahkan banyak yang menyukai sosok Brad Pitt ini, bintang film Holywood yang pernah dinobatkan suatu majalah hiburan sebagai salah satu pria terseksi di dunia.
Saya tidak bermaksud membahas bagaimana isi cerita film itu, atau bagaimana kualitas akting si Brad Pitt itu dalam memerankan tokoh Achilles. Saya hanya hendak bertanya, bagaimana si Brad Pitt, eh...Achiless, gugur di penghujung akhir film itu?

Mungkin anda tidak memperhatikan ya?
Atau anda memperhatikan? Karena terkena panah kan?
Selanjutnya, bagian tubuhnya yang mana yang tertancap anak panah yang menyebabkan kematian dia itu?
Kalau di film itu, memang tergambarkan ada beberapa anak panah yang menancap di tubuhnya. Tapi terdapat satu anak panah yang lain dari yang lain, yang merupakan anak panah yang pertama tertancap di tubuh Achilles dan hingga ajalnya tiba, anak panah itu tetap tertancap sementara anak panah lainnya sudah lepas. Di manakah itu?
Betul. Di bagian kakinya!
Terus, apa istimewanya atau menariknya dari anak panah yang menyebabkan kematian Achilles itu? Nah, itu yang mau saya ulas.
Sewaktu pertama kali nonton film itu, begitu saya melihat Achilles terkena panah di bagian kakinya, pikiran saya langsung melayang ke waktu dulu, pada saat saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Sudah lama sekali!
Sewaktu sekolah di SMP dulu, guru biologi saya bernama Ibu Rukmara. Orangnya berbadan gemuk, namun yang membuat saya sangat terkesan adalah cara beliau mengajar. Beliau mengajar selalu dengan penuh semangat, suaranya sangat nyaring terdengar dan gaya bicaranya meledak-ledak, sehingga banyak isi omongannya yang sampai sekarang saya masih ingat. Salah satunya adalah mengenai Achilles ini. Lho, apa hubungannya pelajaran biologi-nya Ibu Rukmara ini dengan Achilles ini?

Itulah, suatu saat Ibu Rukmara menerangkan tentang anatomi, dan membahas tentang otot dan tulang. Beliau menjelaskan, antara tulang dan otot itu ada penyambungnya, yang disebut tendon, berupa jaringan sejenis urat.
Nah, tendon yang terbesar dan terkuat di dalam tubuh kita adalah Tendon Achilles. Lho, kok sama dengan tokoh Perang Troya tadi?
Betul, saat itu beliau menjelaskan, adah hubungan erat antara besar dan kuatnya tendon ini dengan tokoh Perang Troya yang bernama Achilles, yang juga besar dan kuat. Hanya itu.
Di mana letak tendon achilles ini? Dia ada di kaki kita, antara betis dan tumit kita. Coba kita pegang kaki kita, tepat di sebelah atas tumit kita. Ada sejenis urat kan? Nah, itulah achilles, tendon achilles.
Achilles, yang merupakan otot terbesar dan terkuat ini memang dikaitkan dengan sejarah/mitologi Yunani, di mana ada seorang tokoh prajurit yang sangat hebat bernama Achilles. Orangnya bertubuh tinggi besar dan sangat kuat. Sangat mahir bertempur dan bertanding dengan lawan-lawannya. Sukar sekali untuk dikalahkan. Sewaktu kejadian perang Troya itu, saking sulitnya untuk dirobohkan, musuhnya memanfaatkan kelemahan Achilles, dengan mengarahkan anak panah ke bagian tubuh Achilles yang tidak terlindungi, kaki itulah. Anak panah yang diluncurkan tepat mengenai kaki bagian belakang dekat tumitnya, persisnya di tendon itulah.
Akhirnya gugurlah Achilles, prajurit hebat yang seumur hidupnya bertarung tidak pernah terkalahkan. Terkena anak panah di kakinya, yang mengakibatkan kematiannya.
Pada saat menonton film itu, langsung saya mendapatkan jawaban atas cerita Ibu Rukmara dulu. Tendon itu dinamai Achilles, karena merupakan tendon di tubuh kita yang terbesar dan terkuat sesuai dengan fisik Achilles, juga tendon itu terkait dengan bagian tubuh Achilles yang menjadi penyebab kematiannya.



Tendon Achilles (sumber gambar: www.sprintic.com)


















Brad Pitt sebagai Achilles (sumber gambar: www.solarnavigator.net)
















Hingga sekarang, kita mengenal Achilles sebagai nama salah satu tokoh perang Troya, dan juga merupakan nama salah satu bagian tubuh kita, tendon antara tumit dan betis.

Kali kalau Ibu-ibu dan para wanita lebih suka tendon itu dinamai "Brad Pitt", ya!
He..he.he
(CP, Apri 2009/Mei 2008)


PS: Terima kasih kepada Ibu Rukmara!

No comments :

Post a Comment