Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

January 30, 2010

Susu Skim dan Skimmer

Apa hubungannya susu skim dengan skimmer?
Anda tahu?
Jawabnya adalah: Benar dan benar serta tidak berhubungan! (Ingat zaman dulu kan? ada bentuk soal tes yang berupa 2 pernyataan yang bisa betul atau salah, lalu keduanya bisa punya hubungan atau tidak. Zaman sekarang masih ada nggak ya bentuk soal seperti ini?) Jadi benar-benar tidak berhubungan!

Lalu ada apa dengan susu skim?
Tentu saja susu ini salah satu jenis susu, hanya dia dari jenis yang sudah dikurangi kadar lemaknya. Pastinya lewat proses tertentu sehingga lemaknya bisa berkurang.
Zaman sekarang susu rendah lemak cukup populer, terutama susu untuk kebutuhan orang dewasa dan lansia (Lanjut usia, menggantikan istilah manula = manusia usia lanjut, apa bedanya ya? He.he.he..manula mungkin dianggap kurang sopan, masak orang sepuh dibilang manusia! Kesannya mereka dianggap makhluk tersendiri)
Susu rendah lemak yang sering dipadukan dengan kandungan kalsium yang tinggi, dibutuhkan orang dewasa untuk mencegah kekeroposan tulang, dengan menghindari potensi kegemukan dan bertambahnya kolestrol pada tubuh. (Zaman dulu lagi...susu itu identik dengan anak-anak, orang dewasa yang masih minum susu dianggap kekanak-kanakan? Padahal? he.he.he...)
susu skim
Susu Skim (bukan iklan, sumber gambar www.dinomarket.com)

Sementara skimmer?
Wah, ini apalagi! Istilah ini sedang populer-populernya! Yang jelas tidak ada hubungannya dengan susu, melainkan berhubungan dengan pembobolan ATM.
Katanya, pembobolan ATM yang beritanya sedang marak di media, menggunakan alat ini. Skimmer berfungsi membaca data dari kartu ATM, yang dimasukkan ke dalam lubang kartu mesin ATM. Nah, si skimmer yang dipasang di mulut lubang, membaca dan menyimpan datanya, sehingga berikutnya si pelaku dapat melakukan kloning kartu ATM tsb.
Terus PIN-nya?
PINnya didapat dari alat lain, yaitu kamera kecil (spycam) yang dipasang di dekat ATM itu, yang merekam gerakan penekanan tombol seseorang yang menekan tombol angka PIN.
(Wah, ngemodal juga ya orang yang mau membobol ATM. Butuh susu skim, eh skimmer, dan butuh spycam)
skimmer
Gambar Skimmer (sumber gambar: krebonsecurity.com)

Terus bagaimana dengan kita sebagai nasabah bank? Rawan dong uang kita yang berada di bank. Bisa dibobol mereka juga, seperti korban-korban yang di Bali itu! Sehabis kita menarik uang kita di ATM, giliran mereka yang menarik uang kita juga dengan kartu kloning-nya.

Di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik, apalagi yang namanya si kotak ajaib televisi, sudah dijelaskan bagaimana pembobolan ATM ini bisa dilakukan dan bagaimana kita menghindari agar tidak menjadi korban.
Ini salah satunya, dari detiknews.com

"Bagaimana menghindari Skimming?
§ Kenali mesin ATM yang digunakan dengan baik.
§ Kalau bisa, gunakan ATM di lokasi yang sama sesering mungkin sehingga akan terlihat jika terjadi perubahan.
§ Perhatikan bila ada hal aneh pada mesin ATM seperti goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya.
§ Jika menemukan perubahan atau keganjilan pada ATM, laporkan pada pihak Bank dan tunda/jangan lakukan transaksi.
§ Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai dan terang untuk meminimalisir risiko.
§ Untuk penggunaan kartu di luar ATM (pada tempat belanja atau restoran) selalu perhatikan apa yang dilakukan petugas pada kartu dan tanyakan jika ada perilaku yang aneh.
§ Jika digunakan saat berbelanja, kartu harusnya hanya digesekkan pada mesin resmi dan mesin kasir, tanyakan pada petugas bila menggesekkan kartu ke alat lain (terutama jika alat itu ada di tempat tersembunyi seperti di balik meja).
"

Tambahan dari saya, berdasarkan yang saya baca dari berbagai sumber:
Anda jangan pernah memberitahukan PIN ATM anda kepada siapapun juga, termasuk orang-orang di dekat anda (he.he.he..teman atau pacar kali, bisa jadi dia ikut membobol atm anda, makanya kenali teman dan pacar anda dengan baik).
Juga hati-hati terhadap orang yang terlihat mau membantu anda pada saat anda mengalami kesulitan di depan mesin ATM, jangan sampai menyerahkan kartu ATM atau memberitahukan PIN anda, apalagi menyerahkan uang hasil penarikan anda dari ATM, he.he.he….Eitt….hati-hati juga dengan kejahatan dengan modus hipnotis yang juga sering terjadi di sekitar kita!

Sejauh kita selalu berhati-hati dan mengikuti apa yang dianjurkan di atas, Insya Allah anda terhindar dari pembobolan.

Oh, ya, hati-hati juga pembobolan yang dilakukan anda sendiri! Kadang-kadang kita terhipnotis suatu barang, sehingga kita tanpa pikir panjang langsung pergi ke ATM, menguras habis isi rekening kita, lalu uang yang didapat dibelanjakan di mal atau di mana pun.
Kalau sudah begini, para pelaku pembobol ATM tidak kebagian lagi dong! Uangnya sudah duluan dibobol anda!...he.he.he...
Nanti mereka nggak bisa beli susu skim lagi deh!...hahaha...


CP, Jan 2010
http://harihari-ceppi.blogspot.com

Gunakan Uang Anda Secara Bijak!

2 comments :

  1. [blog walking]

    blogna makin mantabh aja gan….
    salam hangat.

    http://justposting.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. GOLDENQQ.NET - Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker online | Agen BandarQ
    Bandar Poker Online Terpercaya
    Bandar Poker Online
    Agen Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Uang Asli
    Agen BandarQ Online
    Agen BandarQ
    Agen Domino Online
    GOLDENQQ adalah sebuah website Bandar Poker Online Terpercaya serta terbaik dan juga Poker Online Terpercaya, Sebagai partner Agen Poker Online Terpercaya dan Agen BandarQ Online Terbaik. Goldeqq Juga sebagai website Agen BandarQ dan Agen Domino Online yang menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di GOLDENQQ

    ReplyDelete