Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

January 17, 2010

Nomor 1 Pada Halaman Pencarian Google

Anda memiliki website/blog pribadi atau mungkin website bisnis, silakan ketikkan nama website anda itu pada kolom pencarian google, dan lihatlah hasil dari search engine terbesar tersebut.
Apakah website atau blog itu terdapat pada nomor 1 hasil pencarian google? Atau minimal pada halaman pertama?

Sekarang cobalah ketikkan nama anda pada google, apakah website/blog anda itu terletak paling atas di halaman pencarian google?

Begitulah yang membuat penasaran saya, ketika di acara "Duel Maut Blogger vs Joomla" yang disenggarakan oleh Komunitas Bisnis Cimart Cikarang, seorang kawan baik saya yang menjadi ketua komunitas, menunjukkan hal yang menarik. Di depan para peserta yang sedang berkonsentrasi memperhatikan layar presentasi, beliau mengetikkan namanya sendiri "Afrizal" pada kolom pencarian google. Dan keluarlah di nomor 1 halaman hasil pencarian website bisnis beliau, www.bajupoeti.com, yang pasti di dalamnya terdapat nama "Afrizal".

Beliau mengatakan, banyak sekali orang Padang yang namanya Afrizal, tapi kenapa website-nya yang terletak di nomor 1. Itu karena beliau aktif meng-update website-nya. Salah satu agar website kita populer adalah dengan rajin meng-update.
Itu yang saya tangkap dan saya ingat.

Bagaimana dengan blog pribadi saya jika menuliskan nama saya di kolom pencarian?
Awalnya, susah sekali. Dengan mengetikan nama "ceppi", blog saya terletak entah di mana di hasil pencarian google. Namun jika diketikkan lengkap "Ceppi Prihadi", maka muncullah nama blog saya di halaman 1 google. Namun bukan nomor 1, yang nomor 1 adalah halaman facebook saya. Facebook saya memang relatif lebih sering diupdate, update statusnya..he.he.he.

Sekarang, setelah saya "agak" rajin mengupdate blog saya itu, terjadilah perubahan yang menggembirakan. Dengan mengetikkan "Ceppi Prihadi", blog saya "Menulis Itu Menyenangkan" muncul sebagai nomor 1. Lalu bagaimana kalau diketik hanya "Ceppi"?
Alhamdulillah, sudah di nomor 2. Itu artinya jika ada orang mencari blog saya, tinggal ketik "ceppi" di google, maka sudah dekat dengan link ke blog saya.

Masih ada "ceppi" lain yang lebih atas

Sekarang tinggal rajin meng-update lagi supaya muncul di nomor 1!

Katanya, kita pun harus rajin-rajin melakukan blogwalking (artinya berkunjung ke blog orang) dan memberikan comment di sana. Bener nggak ya? Mari kita buktikan!

CP, Jan 2010
http://harihari-ceppi.blogspot.com

No comments :

Post a Comment