Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

October 2, 2014

Menikmati Lasagna bersama keluarga...

Bagi anda pencinta kuliner dan petualang sesuatu yang baru, serta ingin menyenangkan suami/istri dan anak-anak, tidak ada salahnya anda mencoba membuat masakan yang satu ini. Lasagna atau lasagne.
Masakan yang berasal dari negeri berbentuk sepatu boot, Italia, ini sebenarnya cukup populer, namun di Indonesia hanya tempat-tempat tertentu yang menjual dan menyediakannya.

Masakan yang pengolahan akhirnya dengan dipanggang ini, membuatnya cukup membutuhkan ketelatenan. Namun sekarang dipermudah dengan tersedianya kulit instan, yang siap untuk dimasak. Kita bisa membelinya di hipermarket atau supermarket dekat tempat tinggal kita.

Pasta lasagna yang terdiri dari lapisan-lapisan kulit tadi bisa diisi apa saja selain daging sapi giling, mirip dengan saudaranya pizza. Bisa sosis, sayur-sayuran, jamur, ayam, seafood dan lain-lain. Sesuai selera lah...

Setelah siap, dipanggang hingga matang, dan disajikan dalam keadaan hangat.
Nyam..nyam..nyam, harum menggugah selera.


lasagna

Rasanya?

Tentu saja benar-benar lezat. Kulit demi kulitnya yang lembut, dengan di antaranya terdapat saus dengan butiran-butiran daging gilingnya yang sedap dan terasa di permukaan lidah, serta keju mozarella-nya yang gurih kenyal, ditambah saus pedas atau semi pedas, menimbulkan sensasi wah di lidah dan di mulut...kunyahan demi kunyahan...slurrp.

Mau membuktikan sendiri?

Cobalah di akhir minggu anda...

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, terutama kulitnya tadi.

Sekali nyoba, kemungkinan besar anda, suami/istri anda, atau anak-anak anda akan ketagihan. Mereka akan minta dibuatkan lagi, makan lagi dan lagi.


Salam Kuliner,
CP


Ini salah satu resep lasagna...saya ambil dari http://www.infoharianterbaru.com/2013/06/resep-cara-membuat-lasagna-panggang.html
Resep yang digunakan oleh istri saya berbeda, lebih sederhana, namun pada dasarnya sama saja. Kalau anda kebingungan mengikuti resep dan cara di bawah ini, silakan hubungi saja istri saya (lewat saya tentunya), barangkali bisa membantu membuat makanan lezat ini...


Resep Lasagna Panggang

300 g pasta lasagna bergerigi kering
1 L air untuk merebus
1 sdt garam
1 sdm minyak sayur
50 g keju Parmesan bubuk


Saus Daging Lasagna
3 sdm minyak untuk menumis
150 g bawang Bombay, cincang hatus
300 g daging sapi giling
300 g tomat merah, rebus, kuliti, buang biji, cincang dadu
2 sdm pasta tomat
1 sdt oregano bubuk
1 lembar daun bayam
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk


Saus Keju Lasagna
30 g mentega
40 g tepung terigu
350 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
100 g keju Parmesan, parut halus



Cara Membuat Lasagna Panggang

Rebus pasta kering bersama garam dan minyak sayur hingga lunak, angkat. 
Tiriskan dan sisihkan.
Saus Keju: Lelehkan mentega, tumis terigu hingga kecokelatan, tuangi susu sambil aduk hingga rata. Bubuhi garam, merica dan gula pasir, aduk rata. 

Tambahkan keju, aduk rata. Angkat.
Saus Daging: Panaskan minyak, tumis bawang Bombay hingga harum. 

Masukkan daging, aduk hingga berubah warna. 
Masukkan paprika, tomat, pasta tomat, oregano, daun bay, garam, gula, dan merica, aduk rata. Masak hingga matang. Angkat. Sisihkan.
Penyelesaian: Dalam pinggan tahan panas berukuran 28x18 cm atau wadah aluminium yang sudah dioles margarin, susun sebagai berikut 1/3 bagian lasagna, 1/3 bagian saus daging, 1/3 bagian saus keju. Lakukan hingga bahan habis. Taburi keju, ratakan.

Panggang dalam oven panas bersuhu 180°C selama 20 menit hingga kecokelatan. Angkat.
Sajikan hangat-hangat.


lasagna wiki
Penampakan lasagna di Wiki

No comments :

Post a Comment