Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

November 2, 2009

Berangus dan Gigit

Tadi ada teman sekerja wanita yang menanyakan, “Pak, memberangus itu artinya apa ya?”
Saya balik bertanya, ”Dari mana kamu tahunya?”

”Dari berita di televisi, Pak! Katanya KPK sedang diberangus.”jawabnya.

”Oh, begitu!” gumam saya begitu mengetahui kenapa teman saya menanyakan hal itu.

Akhirnya saya jelaskan bahwa istilah ”berangus” sebenarnya berasal dari istilah alat yang digunakan pemilik anjing untuk menutup/mengikat moncong anjingnya agar tidak menggigit dan membahayakan orang di sekitarnya. Saya jarang melihat anjing yang dilengkapi berangus ini, tapi menurut saya alat ini menjadi aksesoris yang wajib dimiliki oleh pemilik anjing untuk mencegah anjingnya mencederai orang lain. Daripada dituntut kan! Apalagi anjingnya belum disuntik rabies. Hiiy...ngeri!

Ada istilah lain untuk ”berangus”, yaitu ”brongsong” (kata teman saya tadi kata ini berasal dari bahasa Jawa), yang digunakan juga untuk menyebut alat yang terbuat dari tali kulit yang dianyam sedemikian rupa supaya bisa mengikat moncong anjing ini. Dibrongsong artinya sama dengan diberangus. Jarang dengar ya? Anda mau pakai brongsong ? ...hahaha...

Kalau begitu, diberangus artinya diikat supaya tidak bisa menggigit dong!

Ya iyalah. Selain anjing tidak bisa menggigit, untuk menyalak pun menjadi tidak bisa.


Anjing yang diberangus (Sumber gambar: www.english-bulldog-dog-breed-store.com)

Nah, itulah. KPK juga karena keberaniannya mengungkap berbagai kasus korupsi di Indonesia, sekarang sedang mengalami ”pemberangusan”. Agar tidak bisa menyalak, apalagi menggigit! Karena banyak pihak yang tidak mau di-salak-i (benar nggak ya istilah ini?) apalagi kena gigitannya...he.he..he...

Indonesia..Indonesia...kapan sih negara kita mau maju dan bebas dari korupsi?


CP, Nov 2009









_______________________________________________ (Sumber gambar: politikana.com)


No comments :

Post a Comment