Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

November 1, 2009

Oleh-oleh dari Pesta Blogger 2009


Bagaimana kalau para blogger berpesta?
Seperti apa sih pestanya?
Saya yang sebelumnya tidak pernah ikut dan tidak pernah tahu pesta macam apa itu, mau saja menerima ajakan teman-teman dari Komunitas Cimart Cikarang untuk menghadiri acara Pesta Blogger 2009. Bagi saya, yang tidak pernah merasa sebagai seorang blogger ini, pengalaman apa pun tetap akan berharga termasuk datang ke acara tersebut.
Apalagi masuknya gratis tis, katanya. Menarik bukan?

Pada hari H, tanggal 24 Oktober 2009, berangkatlah kami dari kota tercinta Cikarang bertujuh dikawal dan di-"kusir"-i oleh Pak Eshape, blogger kawakan teman baik kami, ke tempat perhelatan akbar tersebut. Tidak ketinggalan pula ikut blogger cilik Lilo Eshape, anak bungsu Pak Eshape. Lilo ini meskipun baru duduk di kelas 4 SD, sudah menunjukkan semangat dan bakatnya sebagai seorang blogger, berkat bimbingan sang ayah.
Kami yang sudah berani mengaku "blogger" ini, meskipun masih ingusan ini ...he.he.., dengan cerianya selama perjalanan berbincang-bincang tentang acara yang akan kami ikuti ini. Dalam benak kami, masih ada pertanyaan seperti apa sebenarnya pesta blogger ini. Sementara sang "kusir" dengan tenangnya membesut keretanya membelah jalan tol Cikarang - Jakarta, hingga dalam waktu yang relatif singkat sudah tiba di gedung Smesco Jakarta.

Gadis petugas registrasi, yang membuat semangat para blogger

Tiba di lokasi, kami harus melakukan registrasi dulu. Karena sudah memilik undangannya, tentu saja kami tidak perlu membayar, malah langsung dapat satu tas berisikan bermacam-macam souvenir plus kaos bertuliskan "Pesta Blogger 2009". Dasar nasib bagus!...he.he.he..
Tidak lupa, karena melihat sebuah papan besar bergambarkan logo-logo sponsor acara ini, kami berfoto-foto ria dulu untuk membuktikan bahwa kami memang sudah mengikuti acara ini.

"Bergaya......klik! "


Ha.ha..ha...narsis banget! en...pastinya norak banget!

Masuk ke dalam gedung, berderet beberapa stand dari pihak sponsor. Setiap stand kami kunjungi, dan beberapa di antaranya memberikan souvenir yang cukup menarik.
Stand US embassy adalah yang paling menarik. Dengan hanya mengisi selembar questionnaire, kami bisa dapatkan satu paket buku-buku tentang Amerika Serikat, plus satu buku tebal tentang biografi Barack Obama, dan satu lagi tentang Korupsi hasil karya penulis AS. Kalau dihitung-hitung, nilai buku ini tidak kurang dari 200 ribu rupiah. Wah, bayangkan kalau buku-buku sejenis bisa dibagikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Anak-anak kita bisa tambah pintar tanpa orang tuanya harus mengeluarkan biaya di tengah kehidupan yang makin berat ini!

Suasana di Lobby

Setelah sekian lama menunggu di area lobby, akhirnya kami masuk juga ke dalam convention hall-nya. Dari udara yang terasa panas menggerahkan sewaktu di lobby, berubah menjadi hawa sejuk dari puluhan AC di dalam ruangan tersebut. Kami mulai membaca situasi. Rupanya pestanya duduk menghadap panggung. Wah, acara seperti ini pasti berisi pidato atau pertunjukan di panggung. Tapi tidak terlihat sedikit pun peralatan band tuh! Artinya?
Hanya ada 4 layar putih untuk proyektor di 4 sudut ruangan. Layar? Pastinya buat nonton nih!
Kami duduk di dekat panggung sebelah kanan, berkumpul bersama teman-teman dari Blogger Bekasi. Beberapa saat, acara pun dimulai.

One Spirit One Nation


Hadirin disambut oleh tayangan video pembukaan Pesta Blogger 2009 di keempat layar besar tadi. "One Spirit One Nation" adalah tema pesta ini, yang menggambarkan semangat satu bangsa. Semangat satu bangsa yang harus diwujudkan oleh semua blogger di seluruh Indonesia. Terlebih bangsa kita baru saja menyelesaikan proses pemilu dan terbentuknya pemerintahan baru dengan aman dan selamat. Ini membutuhkan komitmen kita semua untuk mewujudkan negara Indonesia yang lebih baik dan lebih maju untuk 5 tahun ke depan. Juga terjadinya bencana alam di beberapa daerah di Indonesia, yang membangkitan rasa solidaritas kita terhadap saudara-saudara kita yang mengalaminya, solidaritas untuk membantu mereka. Para blogger berada di barisan terdepan dalam hal membangun semangat ini!

Tayangan yang cukup singkat selama kurang lebih 1 menit ini cukup menyentuh rasa kebangsaan kita dan sangat membanggakan para blogger Indonesia yang merupakan bagian dari masyarakat Indonesia. Blogger Indonesia untuk kemajuan negara Indonesia!

Menkominfo memberikan sambutan

Dalam kesempatan itu, hadir Menkominfo kita yang baru untuk membuka sekaligus memberikan sambutan pembukaan pada Pesta Blogger 2009 ini. Sambutan Pak Tifatul Sembiring diawali dengan perkenalan alamat facebook dan twitter beliau, serta pengakuan bahwa beliau juga seorang blogger. Menkominfo ini punya visi bahwa komunikasi dan informasi harus menjadi alat untuk mencapai kemajuan bangsa kita. Target beliau adalah komunikasi yang lancar, dalam arti murah dan mudah diakses, serta informasi yang benar, dalam arti informasi yang positif dan bermanfaatlah yang kita kembangkan.
Pidato Menkominfo itu sempat terhenti sejenak karena kericuhan kecil yang disebabkan munculkan sesosok robot yang kita kenal di film Star Wars.

Kemunculan satu Darth Vader's stormtrooper menghentikan sejenak pidato Menkominfo

Hadir pula di acara itu, meskipun belakangan, Ibu Prita Mulyasari dan suami. Ibu Prita yang kasusnya di pengadilan belum selesai, merupakan ikon perjuangan para blogger Indonesia dalam menyuarakan kepentingan masyarakat. Dukungan untuk beliau dari komunitas blogger sangat besar, sehingga panitia menganggap perlu untuk mengundangnya. Semoga saja kasusnya bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya oleh pengadilan, dan kita pun para blogger tidak akan pernah merasa khawatir untuk tetap menyuarakan kebenaran dan hal-hal yang memihak kepentingan masyarakat banyak melalui dunia blog.

Beberapa panita inti tampil di panggung, di antaranya Enda Nasution yang kita kenal sebagai "Bapak Blogger Indonesia" dan juga Amril Taufik Gobel, yang merupakan blogger senior dari komunitas Anging Mamiri sekaligus juga warga Cikarang serta teman baik kami. Mereka memperkenalkan diri sekaligus memberikan sambutan dan kesan-pesan untuk acara ini.
Selain itu pula, perwakilan dari komunitas blogger yang datang dari hampir seluruh Indonesia juga tampil di panggung.
Berdasarkan data panitia, memang hadir lebih dari 1300 orang di acara Pesta Blogger 2009. Hebat! Dari Kalimantan, dari Sulawesi, Sumatra, Jawa Timur, Jawat Tengah, Yogyakarta, Bandung dan tentu saja dari daerah yang dekat seperti Bogor dan Bekasi (Cikarang juga dong!). Jakarta, so pasti.


Menyempatkan diri berfoto bersama Ibu Prita









Hidup Blogger Indonesia!
One Spirit One Nation

Sampai Jumpa di Pesta Blogger 2010!

CP, Okt 2009


1 comment :

  1. Thanks pak atas laporannya, sorry baru sempat baca disini..

    ReplyDelete