Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

August 30, 2013

Bakpia Paling Enak di Yogya?

Saat berkunjung ke kota wisata Yogya, tentu kita akan menyempatkan diri membeli oleh-oleh khas Yogya untuk dibawa pulang. Yang paling umum dibeli salah satunya adalah bakpia, kue sejenis roti berisi kacang ijo atau lainnya (kumbu hitam, kacang merah, dll).

Nah, kalau kita mendatangi daerah pusat jajanan dan oleh-oleh Yogya, pasti kita akan dibuat bingung dengan banyaknya merek atau nama bakpia yang akan kita bawa pulang. Umumnya menggunakan nama "pathuk", sehingga namanya berubah menjadi "bakpia pathuk". ("Pathuk" atau "Pathok" ini sendiri berasal dari nama daerah di mana pusat pembuatan makanan bakpia ini berada). Selain itu, di belakangnya juga diembel-embeli dengan kode angka, seperti "25", "75", "125" dan sejenisnya.

Terus...yang kita pilih dan kita beli yang manna?


Tentu saja harapan kita, oleh-oleh yang kita dapatkan adalah yang paling bagus dan yang paling enak. Namun, karena kalau kita belum tahu mana sebenarnya yang bagus dan enak, kita bisa juga salah pilih. Apalagi, di daerah pusat oleh-oleh di Jl. KS Tubun, banyak orang yang membujuk kita untuk membeli produk tertentu. Bahkan tukang parkir pun, sejak kita memarkir kendaraan kita, sudah membujuk kita untuk membeli bakpia di tempat tertentu. Hehehe...kayaknya bakalan dapat komisi dia kalau kita terbujuk!

Bakpia yang cukup terkenal dan termasuk yang pertama ada di kota Yogya, adalah "Bakpia Pathuk 25". Rasanya enak dan layak kita jadikan pilihan untuk dibawa pulang. Adakah nama bakpia lain yang enak atau mungkin juga enak banget?

Saya mencoba bertanya ke teman-teman di milis CikarangBaru (cikarangbaru@yahoogroups.com) yang saya ikuti, manakah bakpia Yogya yang paling enak, ternyata pilihannya beragam. Ada yang bilang bakpia pathuk 25 (Pak Imam, Bu Annisa, Pak Ssi). Ada yang punya pilihan lain: 450 (Pak Ananto). Ada juga yang namanya tidak pakai angka, yaitu "Kurnia Sari" (Pak Supri Mattel), "Tutut" (Pak IBP), "Gratis dan diantar ke rumah" (Pak FA), "Merlino" (Pak Didit), "Kencana" (Pak Siswanto, Pak Ari).

Jadi, mana dong yang benar-benar enak?
Jawabannya...ya terserah lidah masing-masing. Namanya juga rasa, tergantung dari lidah yang merasakannya.

Cuma, saya ingin share di sini, berdasarkan pembuktian kami di liburan lebaran kemarin. Bahwa bakpia pilihannya Pak Supri, yaitu Kurnia Sari, benar-benar enak! Paling tidak menurut lidah saya dan istri saya. Kami sudah membuktikannya sendiri, dengan mencari lokasi tokonya di Yogya, membeli, dan mencicipinya.

Tekstur bakpianya lembut, sementara ukurannya lebih besar dibanding yang lain, dan juga lebih mahal...hehehe...ada harga ada rupa. Kulit bagian luarnya lebih tipis dan halus namun isinya lebih banyak.
Yang rasa keju, kejunya sangat terasa dan sangat padat. Campuran susunya terasa banget.
Bagi anda penggemar makanan berkeju, silakan pilih Bakpia Kurnia Sari. Biarkan mulut dan lidah kita merasakan kerenyahan kulit dan kelembutan isinya....hmm....nyam...nyam...
Yang kacang hijau pun benar-benar halus, butiran kacangnya lembut dan rasanya pas di lidah saya.

Awet tidak? Menurut keterangan penjual, bakpia tersebut bisa bertahan sampai sepuluh hari.
Bagaimana kalau disimpan di dalam kulkas? Oh,....bisa bertahan lebih lama lagi. Hanya saja menjadi agak keras dan sedikit kering.

Bakpia Kurnia Sari ini bisa kita dapatkan di 3 toko di Yogya, dan waktu liburan kemarin kami sempat berputar-putar Yogya untuk menemukan tokonya. Tidak sulit sih, apalagi kami berpedoman kepada peta yang disediakan gugel. Meskipun lokasi toko belum merupakan POI di peta, kami bisa mendapatkan juga ke3 tokonya. Kenapa ke-3 tokonya? Karena toko pertama di daerah Pogung Lor, di jalan Ring Road Utara, ternyata tidak punya stock banyak alias bakpianya habis. Akhirnya kami mendatangi toko yang berada di Jalan Glagah Sari tidak jauh dari Kantor Pos Besar Yogya, yang ternyata adalah pusatnya. Ada 2 toko di jalan ini, berseberangan meskipun tidak berhadap-hadapan. Jalannya tidak macet dan tempatnya tidak terlalu ramai, berbeda dengan sentra industri bakpia di Jl. KS Tubun (daerah Pathuk) yang sangat ramai dan macet sehingga parkir kendaraan pun sulit.

Karena di Glagah Sari ini pusatnya, stock bakpianya pun cukup banyak. Saat kami datang dan kami beli, bakpianya pun masih terasa hangat karena baru keluar dari tungku. Fresh from the oven....Hmmm....

Tidak menyesal kami tidak jadi membeli bakpia di Jl. KS Tubun, sebelumnya kami ke sana, karena di Glagah Sari ini kami mendapatkan bakpia yang menurut kami, paling enak yang pernah kami makan. Tidak tahu kalau anda....hehehe...yang jelas orang-orang di tempat kerja saya yang kebagian bakpia ini berpendapat sama dengan kami (tapi bukan karena dikasih gratis ya...).

Bagi teman-teman yang belum berkesempatan mencicipi…silakan deh coba sendiri kalau berkunjung ke Yogya.
Yang jelas...bakpia Kurnia Sari layak dijadikan pilihan sebagai bakpia paling enak di Yogya...


Salam bakpia,
CP

Lokasi toko Bakpia Sari yang berada di Pogung Lor, mudah-mudahan ada yang membuatkan POI-nya....
poi1

Lokasi Bakpia Kurnia Sari yang berada di Glagah Sari, ada 2 di sisi jalan, nomor 91C dan nomor 112. Mudah-mudahan juga ada yang membuatkan POI-nya...
poi2

Bakpia Kurnia Sari...ada alamat dan nomor teleponnya tuh...!
bakpia

Ini penampakan dalamnya, yang rasa coklat...setelah menempuh perjalanan dari Yogya - Semarang - Cikarang dan berada di kulkas sekitar seminggu...
bakpia2

8 comments :

  1. Replies
    1. Pengen?
      Maen ke Yogya sana...pulangnya bawa oleh-oleh bakpia.

      :)

      Delete
  2. pernah saya beli bakpia kurniasari yg toko sebelah barat, rasa coklatnya lumayan tapi yg rasa keju kok isinya agak kasar (mbradul) ya.....kulitnya juga agak keras.

    ReplyDelete
  3. pernah saya beli bakpia kurniasari yg toko sebelah barat, rasa coklatnya lumayan tapi yg rasa keju kok isinya agak kasar (mbradul) ya.....kulitnya juga agak keras.

    ReplyDelete
  4. setuju banget...menurut saya saat ini bakpia paling enak memang bakpia kurniasari

    kulitnya tipis dan gurih.....yummy banget, bisa pesan online bakpia kurniasari juga lewat web

    ReplyDelete
  5. Enaknya Bakpia!
    Delivery Order hubungi 087774444022
    Enaknya Bakpia! ya Bakpia Mutiara.
    Harga wajar.Kualitas istimewa.
    www.bakpiamutiarajogja.com

    ReplyDelete