Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

May 16, 2013

Macaroni Panggang…makanan lezat favorit anak-anak

Di kota hujan Bogor, terdapat satu dari sekian tempat kuliner yang cukup populer, yaitu Macaroni Panggang (MP). Alamat pastinya di Jl Salak No 24, masuknya dari Jl. Pajajaran (pasti tahulah jalan ini, seperti pernah saya ceritakan di posting berwisata ke Museum Zoologi). MP dengan hidangan andalannya makaroni panggang, menjadi tempat makan sekaligus tempat kongkow yang tak pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan.

onipang
macaroni panggang di Bogor

Selain menu favorit yang menjadi nama tempat makan tersebut, tentu ada menu lain yang bisa kita pesan di sana. Ada lasagna (kayak nama pemain bola), cinnamon cake, beragam steak, omelette (bukan saudaranya opelet),  dan lain-lain. Bahkan gado-gado dan lontong sayur pun ada, kalau kita ingin jenis makanan tersebut...:)
 
Makaroni panggangnya pernah saya sekeluarga coba. Sedap memang. Apalagi saat itu menyantapnya hangat-hangat sore-sore baru selesai turun hujan, hmmm...yummy!
 
Nah, bicara tentang makaroni panggangnya, jika kita belum atau tidak punya kesempatan jalan-jalan ke Bogor, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada resepnya, dan sepertinya rasanya tidak kalah enak dengan yang di Bogor itu.

 
Ini dia...(Saya ambil dari sebuah situs, hanya sayang saya lupa mencatat link-nya. Mohon maaf, Bu, saya copas di sini, dan maaf juga saya ubah sedikit bahasanya) 
 
Bahan:
1 bungkus makaroni (225 gr)
50 gr mentega
50 gr bawang bombay
50 gr tepung terigu
500 cc susu
1/2 kaleng corned beef
125 gr keju parut
100 gr daging asap potong korek api
1 sdt garam
1/2 sdt pala halus
1/2 sdt merica halus
3 butir telur dikocok sebentar
 
Cara membuat:
1. Didihkan air dengan sedikit garam, rebus makaroni sampai matang

2. Tiriskan, siram dengan air dingin dan beri sedikit mentega supaya tidak saling melekat
3. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai layu, masukkan tepung terigu aduk rata
4. Tuangi susu, didihkan sambil diaduk hingga licin
5. Masukkan corned beef, 100 gr keju parut, daging asap dan makaroni, aduk rata. Bubuhkan garam, pala, dan merica, lalu aduk beberapa saat dan selanjutnya angkat dari api
6. Masukkan telur lalu dicampur sampai rata
7. Tuang ke dalam wadah aluminium sudah diolesi margarin. Ratakan, dan taburi dengan sisa keju parut (bisa ditambahkan juga taburan daun parsley)
8. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 35 menit hingga permukaan makaroni kuning kecokelatan
9. Matang deh!
 
Sebelum disantap, silakan dicium dulu aromanya...haruumm sedap!
Slurrp...hehehe...keburu ngences!
 
 
Istri saya sudah mencoba 2 kali membuat makaroni panggang ini, setelah mencicipi yang di Bogor itu. Rasanya ...maknyos juga!
Saya dan dua anak saya, Andra dan Sasha, tidak bisa bandingkan lebih enak yang mana. Yang di Bogor enak karena waktu itu udara sedang dingin dan perut memang sedang lapar-laparnya, sementara yang di rumah enak karena memang enak, dan tentunya plus taburan kasih sayang seorang istri dan seorang ibu...;)

makapang
Makaroni panggang ala Mama Andra & Sasha (wah, sebagian sudah masuk perut…)
 
Tapi...ada tapinya. Resep di atas bukanlah yang dipakai istri saya dalam membuat makaroni panggang. Agak berbeda, dan tidak bisa dijelaskan di sini berhubung istri saya agak susah untuk mendeskripsikan resepnya. Bisa membuatnya, tapi menerangkannya ke orang lain dalam bentuk kata-kata, susah.
Yang jelas...hasilnya sedap dan sedap banget. Apalagi buat anak-anak yang memang senang makanan enak dan sedang membutuhkan banyak gizi. Dijamin mereka minta dan minta lagi.

Kalau orang tua, yakh..harus tahu diri karena makanan ini full kolestrol.

makapang2
Sluurp...membuat anak-anak ketagihan
 
Oh, ya. Makaroni yang dipakai istri saya adalah jenis yang panjang-panjang, sama seperti yang digunakan oleh MP. Bukan makaroni pendek-pendek yang biasa dicampur ke dalam sayur sop. Katanya sih rasanya sama saja, tapi menurut saya pasti sensasi makannya berbeda.
 
Mau mencoba? Silakan...Anak-anak pasti makin sayang kepada anda.
 
Kalau ada kesulitan, bisa minta bantu istri saya....:)
 
 
Salam,
CP

No comments :

Post a Comment