Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

December 24, 2012

Kacang Dua Kelinci Masih Jago Kandang

Ada teman yang bertanya, bagaimana dengan produk Kacang Dua Kelinci, yang menjadi sponsor salah satu klub besar Eropa?

Nah, untuk perusahaan Kacang Dua Kelinci ini, kondisinya berbeda dengan korporasi Indosat maupun Garuda Indonesia dalam mempromosikan produknya, meskipun sama-sama memanfaatkan industri sepakbola Eropa yang punya cakupan pasar amat luas dan nilai bisnis yang amat besar.

Kalau Garuda Indonesia memanfaatkan electronic adboard di stadion Anfield untuk mempromosikan nama dan layanannya demi mendapatkan pasar yang lebih luas di kalangan masyarakat negara-negara Eropa dan negara-negara lainnya yang menyiarkan program siaran pertandingan BPL, sementara Indosat mempromosikan nama dan produknya untuk masyarakat Indonesia sendiri dengan prestise lebih karena munculnya di televisi dalam siaran internasional, maka Kacang Dua Kelinci hanya memanfaatkan kebesaran nama Real Madrid FC untuk memperbesar pemasarannya di Indonesia.

Sebelumnya saya pun membayangkan, sebagai official partner brand Kacang Dua Kelinci akan muncul di jersey yang digunakan para pemain Real Madrid, sungguh akan membanggakan kita ada brand nasional terpampang di jersey yang dikenakan pemain kelas dunia seperti Christiano Ronaldo atau Ricardo Kaka misalnya, atau minimal menjadi penghuni tetap adboard di Santiago Bernabeu Stadium.
Tetapi ternyata tidak. Kerja sama antara PT Kacang Dua Kelinci dengan Klub Real Madrid adalah sebatas sponsorship dalam kegiatan yang melibatkan El Real di seluruh Indonesia. Jadi Kacang Dua Kelinci berhak mencantumkan logo klub Los Blancos di iklan-iklannya di Indonesia, serta memanfaatkan nama salah satu klub terkaya di dunia itu dalam promosi produk-produk Kacang Dua Kelinci. Contohnya yang sudah dilakukan adalah kedatangan (eks) pemain Real Madrid Luis Figo dan Xabi Alonso dalam event kegiatan sepakbola yang disponsori oleh Kacang Dua Kelinci.

Jadi yang kita harapkan, masih belum terwujud. Kacang Dua Kelinci masihlah bermain di lokal, belum go international. Yang kita tahu, perusahaan itu sudah berinvestasi besar dalam promosi, dengan membeli nama Real Madrid dan menjadi sponsornya di Indonesia.
(Tidah jauh berbeda kondisinya dengan saat dulu Extra Joss menggunakan Christiano Ronaldo sebagai model iklannya)

Jadi kapan perusahaan-perusahaan Indonesia benar-benar bertarung di luar sana?



Salam,
CP

No comments :

Post a Comment