Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

April 7, 2010

Akses Web Lewat Email

Jika ada seseorang mengirimkan email kepada kita atau ke milis yang kita ikuti berisi link alamat di internet yang berisi tulisan/artikel, sementara kita di kantor (bagi yang mengikuti milis di kantor) tidak punya hak akses internet dan hanya diberikan fasilitas email, apa yang harus kita lakukan supaya kita bisa membuka halaman web yang ditunjukkan oleh link tersebut?

Apakah cukup pasrah, 'nrimo' begitu saja pada keadaan padahal kita sangat tertarik pada tulisan yang kedengarannya cukup menarik untuk dibaca? ("Yaakh...emang nasib kita cuma dikasih email! Nggak kayak bos-bos itu yang bisa internetan kapan mereka butuh!" -- He.he.he..nrimo kok pake ngedumel!)

Pilihan lainnya? Kita bisa meminta pengirim email tersebut untuk mengirimkan isi tulisan seperti dalam halaman web-nya lewat email secara utuh, bukan hanya link-nya, supaya kita tetap bisa membacanya.

Nah, jika kita tidak bisa pasrah karena kita benar-benar membutuhkan tulisan yang ada di halaman web tersebut, sementara pilihan kedua pun tidak memungkinkan, kita masih punya pilihan ketiga. Pilihan ketiga itu adalah dengan memanfaatkan layanan gratis yang disediakan oleh pihak ketiga yang baik hati berupa proses grab atau meng-copy satu halaman website untuk dikirimkan ke kita melalui email. Memang ada? Aada..lah!

Saya di tempat kerja lama sering memanfaatkan layanan ini, karena tidak mempunya hak akses internet, hanya email. Lumayan, kita bisa membaca content/isi yang terdapat pada sebuah halaman web tanpa harus memiliki akses internet. Syaratnya adalah kita mengetahui link internet yang akan kita tuju.
Dari mana kita dapatkan link itu?
Ya, itu tadi. Bisa dari email seseorang seperti di atas. Atau juga link berupa alamat-alamat website yang memang kita ketahui (nanti saya berikan contoh). Saya jelaskan di bawah:

1. Nama layanan tersebut adalah www4mail, yang dari namanya kita bisa mengartikan bahwa layanan ini menyediakan content web untuk dilihat lewat email.
2. Untuk menggunakan layanan tersebut, kita tinggal mengetikkan email berisi link alamat yang dituju dan dikirimkan ke alamat www4mail@wm.ictp.trieste.it
3. Beberapa saat kemudian akan ada email balasan dari www4mail berisi suatu keterangan mengenai quota (jatah) kita atas layanan tersebut dan status request kita, serta attachment berupa file html yang berisi content halaman web dari link yang kita minta.
4. Kita tinggal meng-klik attachment tersebut, dan internet explorer atau mozilla firefox (tergantung default browser anda) akan terbuka menyajikan isi dari halaman web tersebut.

Supaya lebih jelas, saya berikan contoh:
- Saya punya artikel di blog saya, dan link-nya adalah http://ceppi-prihadi.blogspot.com/2010/04/apa-hubungannya-gunung-es-dengan-ikan.html
- Untuk mendapatkan content dari link tersebut, maka kita buat email dengan tujuan To:www4mail@wm.ictp.trieste.it, Subject-nya dikosongkan, dan body email-nya diisi dengan link tersebut:
http://ceppi-prihadi.blogspot.com/2010/04/apa-hubungannya-gunung-es-dengan-ikan.html

Photobucket

- Send email tersebut
- Maka kita akan terima balasan email seperti di bawah ini:

Photobucket

- Terdapat attachment yang berisikan halaman web yang kita minta (dalam format html, dan saya attach dalam email saya ini sebagai contoh). Anda tinggal meng-kelik-nya!
Isinya mungkin kurang rapih, tidak seperti tampilan internet biasa, dan tidak ada gambarnya. Namun, kita tetap bisa membacanya. Lihat saja di bawah, seperti ini kira-kira!

Photobucket

Bagaimana kalau body emailnya kita isi dengan:
http://www.detiksport.com/sepakbola ?

Bisa juga. Hasilnya seperti di bawah ini. Di situ anda bisa menemukan indeks daftar berita tentang sepakbola terbaru dengan link-link-nya yang bisa kita kirim kembali ke www4mail untuk mendapatkan isinya.

Sebenarnya selain www4mail, untuk akses web lewat email kita bisa menggunakan layanan yang lain seperti Webpage Grabber atau Web2Mail, namun saya sendiri belum mencobanya.

Silakan dicoba, dan mudah-mudahan bermanfaat buat teman-teman.
Kalau ada kesulitan, silakan anda tanyakan.


Salam,
http://ceppi-prihadi.blogspot.com
http://harihari-ceppi.blogspot.com

No comments :

Post a Comment