Di sebuah bandara
internasional.
Setelah berlari dan berhasil
mendekati orang yang dikejarnya, perempuan itu
berujar,
"Empat belas tahun saya menunggu
kamu...!"
Orang-orang di sekitar berhenti
mengayunkan langkah, mengalihkan pandangan ke si perempuan dan ikut
mendengar.
Sesaat, si lelaki
menoleh.
Tuuuuung......
Adegan pun berubah, terfokus pada
si perempuan yang tampak terperanjat dan malu…karena lelaki itu bukanlah orang
yang dimaksudnya.
"Ada aqua...?,"
dengan menunjukkan wajah "oneng",
si cantik pun mengeluarkan dua kata itu, menutup tayangan iklan sebuah produk
air mineral di televisi.
Hehehe...
Iklan yang cerita awalnya tampak
serius, …namun di bagian akhirnya kocak abis, dan pemirsa mungkin menertawakan
keadaan yang terjadi meskipun masih setengah tidak percaya kenapa akhir
ceritanya seperti itu. Cantik-cantik kok oneng sih…? Gagal fokus
tuh!
Dibayar berapa ya Dian
Sastrowardoyo dan produser film Ada Apa Dengan Cinta bagian 2 (AADC2), sehingga
mereka mau 'merusak' (mengubah) sebagian jalan cerita film tersebut untuk sebuah
tayangan komersial?
Terlebih bagi Dian Sastro, seorang
aktris dengan penggemar di kalangan masyarakat yang sangat banyak, yang selama
ini dicitrakan selain cantik sempurna namun juga otaknya 'berisi'. Dengan
berperan di tayangan iklan ini, citra itu 'sedikit' dibuyarkan. Cantik dan (apa
tapi?) oneng sih?
Gara-gara tidak minum air mineral
tersebut?
Bisa jadi memang produk air
mineral tersebut menjadi salah satu sponsor dari film AADC2 yang akan tayang di
layar bioskop-bioskop tanah air pada bulan April 2016, sehingga pihak produsen
(merasa) berhak membuat iklan dengan seolah-olah mengambil cuplikan film
tersebut, namun kenyataannya bukan.
Bisa jadi, pihak produsen cukup
cerdas memadukan kepopuleran cerita film AADC bagian pertama yang menampilkan
tokoh Cinta dan Rangga, dengan tagline produk mereka #AdaAqua? yang selama ini
digembar-gemborkan lewat media televisi dan media internet, yang mempersepsikan
secara kuat bahwa orang akan kehilangan fokus jika tidak minum produk mereka.
Dan bisa jadi pula, pihak produser
film AADC2 memanfaatkan ide kreatif 'plesetan' cerita film mereka untuk lebih
melambungkan rencana penayangannya, sebagai salah satu bentuk promosi yang tidak
“mainstream” (tidak biasa). Yang biasanya adalah menayangkan trailer film di
layar televisi atau roadshow bintang-bintang pemeran film tersebut ke
daerah-daerah pemasaran film tersebut. Namun kali ini, sangat berbeda. Sungguh
merupakan satu kejutan, berupa iklan produk yang bikin orang “kecele”, yang
merupakan hasil dari sebuah simbiosis mutualisma yang kreatif dan
brilian.
Apakah dengan promosi berbentuk
iklan seperti ini akan membuat pasar (para penggemar lama dan calon penggemar
baru AADC) lebih tertarik dan akan berduyun-duyun untuk menyaksikan filmnya di
layar lebar? Atau pengaruhnya biasa-biasa saja, hanya sampai di ajang media
sosial, yang ramai-ramai membuat meme yang menampilkan Cinta dan Rangga, namun
Rangga-nya palsu?
Kita lihat pembuktiannya di bulan
depan yuk…saat filmnya mulai tayang.
Yang jelas dua jempol dari saya
untuk iklan ini….dan dengan sedikit rasa penyesalan dan penasaran. Apakah si
cantik Dian Sastro di kesehariannya memang sering gagal fokus juga?
...Wadouww…
Hehehe…
Salam,
CP
(sering mengamati
iklan televisi)
No comments :
Post a Comment