Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

March 29, 2016

Gagal Fokus

Di sebuah bandara internasional.
Setelah berlari dan berhasil mendekati orang yang dikejarnya, perempuan itu berujar,

"Empat belas tahun saya menunggu kamu...!"

Orang-orang di sekitar berhenti mengayunkan langkah, mengalihkan pandangan ke si perempuan dan ikut mendengar.

Sesaat, si lelaki menoleh.

Tuuuuung......
 
Adegan pun berubah, terfokus pada si perempuan yang tampak terperanjat dan malu…karena lelaki itu bukanlah orang yang dimaksudnya.

"Ada aqua...?,"
dengan menunjukkan wajah "oneng", si cantik pun mengeluarkan dua kata itu, menutup tayangan iklan sebuah produk air mineral di televisi.

Hehehe...
Iklan yang cerita awalnya tampak serius, …namun di bagian akhirnya kocak abis, dan pemirsa mungkin menertawakan keadaan yang terjadi meskipun masih setengah tidak percaya kenapa akhir ceritanya seperti itu. Cantik-cantik kok oneng sih…? Gagal fokus tuh!
  
Dibayar berapa ya Dian Sastrowardoyo dan produser film Ada Apa Dengan Cinta bagian 2 (AADC2), sehingga mereka mau 'merusak' (mengubah) sebagian jalan cerita film tersebut untuk sebuah tayangan komersial?
Terlebih bagi Dian Sastro, seorang aktris dengan penggemar di kalangan masyarakat yang sangat banyak, yang selama ini dicitrakan selain cantik sempurna namun juga otaknya 'berisi'. Dengan berperan di tayangan iklan ini, citra itu 'sedikit' dibuyarkan. Cantik dan (apa tapi?) oneng sih?
Gara-gara tidak minum air mineral tersebut?

Bisa jadi memang produk air mineral tersebut menjadi salah satu sponsor dari film AADC2 yang akan tayang di layar bioskop-bioskop tanah air pada bulan April 2016, sehingga pihak produsen (merasa) berhak membuat iklan dengan seolah-olah mengambil cuplikan film tersebut, namun kenyataannya bukan.

Bisa jadi, pihak produsen cukup cerdas memadukan kepopuleran cerita film AADC bagian pertama yang menampilkan tokoh Cinta dan Rangga, dengan tagline produk mereka #AdaAqua? yang selama ini digembar-gemborkan lewat media televisi dan media internet, yang mempersepsikan secara kuat bahwa orang akan kehilangan fokus jika tidak minum produk mereka.

Dan bisa jadi pula, pihak produser film AADC2 memanfaatkan ide kreatif 'plesetan' cerita film mereka untuk lebih melambungkan rencana penayangannya, sebagai salah satu bentuk promosi yang tidak “mainstream” (tidak biasa). Yang biasanya adalah menayangkan trailer film di layar televisi atau roadshow bintang-bintang pemeran film tersebut ke daerah-daerah pemasaran film tersebut. Namun kali ini, sangat berbeda. Sungguh merupakan satu kejutan, berupa iklan produk yang bikin orang “kecele”, yang merupakan hasil dari sebuah simbiosis mutualisma yang kreatif dan brilian.

Apakah dengan promosi berbentuk iklan seperti ini akan membuat pasar (para penggemar lama dan calon penggemar baru AADC) lebih tertarik dan akan berduyun-duyun untuk menyaksikan filmnya di layar lebar? Atau pengaruhnya biasa-biasa saja, hanya sampai di ajang media sosial, yang ramai-ramai membuat meme yang menampilkan Cinta dan Rangga, namun Rangga-nya palsu?

Kita lihat pembuktiannya di bulan depan yuk…saat filmnya mulai tayang.

Yang jelas dua jempol dari saya untuk iklan ini….dan dengan sedikit rasa penyesalan dan penasaran. Apakah si cantik Dian Sastro di kesehariannya memang sering gagal fokus juga?
...Wadouww…

Hehehe…


Salam,
CP
(sering mengamati iklan televisi)

No comments :

Post a Comment